Kamis, 05 April 2012

Informasi Lomba TUNASV SMK Negeri 1 Kota Bogor

SALAM PRAMUKA !!!
Kami Ambalan Raden Munding Laya-Nyi Raja Permas Pangkalan SMK Negeri 1 Kota Bogor Gugus depan 06.175-06.176 akan mengadakan kegiatan lomba TUNAS V, adapun rinciannya di bawah ini:
  
  • PELAKSANAAN
Hari / Tanggal : Minggu, 06 Mei 2012
Waktu/ Tempat : 07.00 WIB s/d selesai/ SMKN 1 Bogor
Pakaian : Seragam Pramuka (untuk peserta)
 
  • RAPAT TEKNIS
Hari / Tanggal : Rabu, 25 April 2012
Waktu/ Tempat : 13.00 WIB s/d selesai/ Aula SMKN 1 Bogor
Pakaian : Seragam Pramuka atau bebas sopan
Peserta : Pembina dan perwakilan Regu/Sangga
Catatan : Membawa formulir pendaftaran.

Kriteria juara
1. Juara 1,2, dan 3 untuk setiap mata lomba .
Berdasarkan nilai tertinggi dari masing-masing lomba satuan terpisah dan satuan gabungan.
2. Juara Umum ( Piala Bergilir )
Berdasarkan jumlah perolehan emas terbanyak.
  • PENDAFTARAN
Tanggal : Senin, 26 Maret 2012 – Selasa, 24 April 2012
(Terkecuali hari Minggu, hari Libur Nasional dan Tanggal Merah)
Waktu : Pukul 13.00-17.00 WIB
Tempat : Sanggar pramuka Gudep 06.175-06.176
PangkalanSMK Negeri 1 Bogor.
Jln.Heulang no.6 Tanah Sareal Bogor 16161
Telp.(0251) 8334384

* Pendaftaran disertai dengan Biaya Pendaftaran (Fee), Formulir Pendaftaran dan Administrasi Persyaratan Peserta
* Peserta terbatas hanya 20 Regu atau Sangga/mata lomba

Biaya : Penggalang
- per paket Rp. 180.000,-
- per mata lomba Rp. 30.000,-

Penegak
- per paket Rp. 180.000,-
- per mata lomba Rp. 40.000,-


  • Mata Lomba
Penggalang, 7 Lomba :
• CeCCep (Cerdas,Cermat & Cepat) Putera 3 orang
• CeCCep (Cerdas,Cermat & Cepat) Puteri 3 orang
• SOS (Semaphore On Song) 10 orang (Gabungan Putera & Puteri)
• Secreet Code Putera 2 orang
• Secreet Code Puteri 2orang
• Scout Story Telling Putera 1 orang
• Scout Story Telling Puteri 1 orang

Penegak, 5 Lomba :
• CeCCep(Cerdas,Cermat& Cepat) 3 orang (Gabungan Putara dan Puteri)
• Joget Komando 10 orang (Gabungan Putara dan Puteri)
• MSC (Marketing Scout Competition) 3 orang (Gabungan Putara dan Puteri)
• Design Logo Tunas VI 1 orang Putera
• Design Logo Tunas VI 1 orang Puteri

KETENTUAN PESERTA

1. Semua peserta lomba terdiri dari Satuan Terpisah dan Satuan Gabungan Putra/Putri dan anggota Pramuka yang aktif di sekolahnya / di gudep masing-masing.
2. Setiap peserta wajib mematuhi semua ketentuan yang berlaku. Jika melakukan kecurangan atau pelanggaran maka akan dikenakan sanksi- sanksi berupa mulai dari pengurangan nilai sampai didiskualisifikasi dari perlombaan TUNAS V.
3. Tiap sekolah/pangkalan hanya dapat mengirimkan satu Regu / Sangga.
4. Melunasi biaya pendaftaran berdasarkan banyaknya mata lomba yang diikuti.
5. Membawa Surat Rekomendasi / SuratMandat dari sekolah / Mabigus.
6. Peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran.
7. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang paling lambat 30 menit sebelum upacara pembukaan di mulai.

TATA TERTIB

1. Seluruh peserta wajib mengikuti upacara pembukaan dan upacara penutupan.
2. Peserta tiba di lokasi kegiatan paling lambat 30 menit sebelum upacara pembukaan di mulai untuk mendaftar ulang dan mendapatkan perlengkapan lomba. Apabila terlambat akan mendapatkan pengurangan nilai dari nilai akhir.
3. Pada saat upacara pembukaan peserta wajib mengenakan seragam Pramuka lengkap.
4. Peserta wajib mematuhi ketentuan yang berlakudi setiap mata lomba.
5. Peserta diperbolehkan membawa suporter sebanyak-banyaknya dan Suporter dilarang keras menggangu konsentrasi peserta lomba dan jalannya seluruh perlombaan, serta wajib menjaga kebersihan & ketentraman lingkungan lomba.
6. Peserta dilarang membawa senjata tajam dan obat-obatan terlarang serta melakukan hal-hal yang mengganggu kelancaran lomba, apabila kedapatan oleh panitia, maka akan dikenakan sanksi dan pengurangan nilai..
7. Peserta lomba TUNAS V yang tidak mengikuti rapat teknis dianggap menyetujui hasil putusan teknis lomba.
8. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
9. Ketentuan lain yang belum tercantum akan ditentukann dalam rapat Teknis Lomba.

  
 PETUNJUK TEKNIS MATA LOMBA PENGGALANG 
  • CECCEP PENGGALANG

A. Ketentuan Umum
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota Pramuka Penggalang SMP/MTS se Kota dan Kabupaten Bogor.
2.Peserta adalah tim yang masing-masing terdiri dari 3 orang Putera & 3 orang Puteri
3.Utusan setiap sekolah hanya dapat mengirimkan satu tim.
4.Pemenang terdiri dari Juara 1.2 dan 3.
5.Materi Perlombaan mencakup pengetahuan pelajaran sekolah, umum dan kepramukaan.

B. Teknis Pelaksanaan
1.Peserta hadir 10 menit sebelum perlombaan dimulai dan memasuki ruangan yang telah disediakan panitia
2.Jika peserta tidak hadir setelah diberi toleransi selama 15 menit akan didiskualifikasi
3.Mengenakan pakaian pramuka lengkap
4.Lomba terdiri dari 3 babak :
-Babak Penyisihan
Peserta akan mengisi 100 soal tertulis secara tim dalam waktu 60 menit. Pada babak ini akan diambil 9 tim dengan nilai terbesar untuk masuk ke babak semi final, dan apabila terdapat nilai yang sama maka panitia akan mengambil point tambah dari kecepatan mengumpulkan lembar jawaban.
-Babak semi final
Babak 1 : Terdiri dari 10 soal wajib
Babak 2 : Terdiri dari 20 soal rebutan
Pada babak ini tim yang mendapat nilai tertinggi akan masuk dalam babak final.
-Babak final
Babak 1 : Terdiri dari 10 soal wajib
Babak 2 : Terdiri dari 20 soal rebutan
Babak 3 : Terdiri dari 5 soal peraga, 2 soal
semaphore, 2 soal peragaan bahasa tubuh, dan 1 soal morse

C. Penilain
-Ketepatan menjawab
-Kecepatan mengumpulkan lembar jawaban (pada babak penyisihan)

  • SECRET CODE

A. Ketentuan umum :
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota pramuka penggalang SMP / MTS se-kota dan kabupaten bogor
2.Peserta adalah tim yang masing-masing terdiri dari 2 orang putera dan 2 orang puteri
3.Utusan tiap sekolah hanya dapat mengirimkan 1 tim (satuan terpisah)
4.Pemenang terdiri dari juara 1,2 dan 3
5.Pakaian menggunakan seragam pramuka lengkap sesuai dengan SK kwarnas

B. Petunjuk Pelaksanaan
1.Peserta hadir 15 menit sebelum lomba di mulai, jika peserta telat memasuki ruangan maka tidak di beri waktu tambahan.
2.Materi perlombaan mencakup pengetahuan Umum dan kepramukaan.
3.Lomba ini mencakup 3 babak yaitu :
•Babak penyisihan
Pada babak penyisihan ini peserta akan melakukan tes tertulis dengan mengerjakan 30 soal dalam waktu 30 menit, soal berupa sandi. Dari babak ini akan diambil 5 tim dengan skor tertinggi
•Babak semi final
Peserta mengirimkan 6 soal kepada temanya dengan menggunakan semaphore dan diberikan kesempatan pengulangan soal sebanyak satu kali, waktu 20 detik/soal untuk menjawab pertanyaan semaphore pada lembar jawaban yang telah disediakan oleh panitia.
•Babak final
a)peserta diberikan 10 soal berupa sandi yang akan ditayangkan dalam bentuk slide secara berjalan dan peserta menuliskan jawaban pada kertas selembar dalam waktu 10 detik/soal.
b)pada babak rebutan terdiri dari 10 soal yang dikirimkan dengan semaphore, dan morse via semprong/peluit.
4.Jika terdapat kesamaan nilai maka akan diberikan soal tambahan per babak .

C. Penilaian
ketepatan menjawab soal
ket:  penjelasan tambahan: setiap sekolah hanya dapat mengirimkan maksimal 1 tim putra dan 1 tim putri       (2orang/tim) .

  • SST (Scout Story Telling)

A. Ketentuan Umun
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota penggalang SMP/MTS se-Kota dan Kabupaten Bogor.
2.Peserta adalah perorangan 1 orang putera dan 1 orang puteri
3.Utusan setiap pangkalan hanya dapat mengirimkan satu regu
4.Pemenang terdiri dari juara 1,2 dan 3

B. Teknis Pelaksanaan
1.Peserta hadir 10 menit sebelum perlombaan di mulai dan memasuki yang telah disediakan oleh panitia. Pakaian yang digunakan seragam pramuka lengkap
2.Tema yang di tentukan oleh panitia yaitu
a)My Story With Scout
b)I am pround to be a scout for Indonesia
c)Scout legend
3.Peserta menyerahkan cerita yang akan di sampaikan kepada dewan juri saat lomba dalam bentuk hard copy
4.Peserta mempunyai waktu minimal 7 menit dan maksimal 10 menit untuk bercerita
5.Panitia lomba akan memberikan petunjuk kepada peserta tentang waktu peserta untuk memulai cerita
6.Peserta diperbolehkan membawa property
7.Setiap peserta diwajibkan hadir selambat-lambatnya 10 menit sebelum acara dimulai
8.Selama perlombaan peserta wajib menjaga kebersihan, keindahan & keamanan di lingkungan lomba.
9.Penilailan ditentukan oleh juri yang dipilih dengan Kriteria penilian sebagai berikut : Vokal, Gesture, Costumes and Property Story unity

C. Kriteria Penilaian
1.Kesesuaian cerita dengan tema
2.Ketepatan pengucapan bahasa
3.Pelafalan kata
4.Ekspresi wajah
5.Gesture

  • SEMAPHORE ON SONG

A. Ketentuan umum
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota pramuka penggalang SMP/MTS Se- Kota Bogor dan Kab. Bogor
2.Peserta adalah 10 orang satuan gabungan di komposisi min 3:7
3.Setiap pangkalan hanya dapat mengirimkan 1 tim
4.Pemenang terdiri dari juara 1, 2 dan 3

B. Teknis Pelaksanaan
1.Peserta hadir 10 menit sebelum perlombaan dimulai, dan melakukan registrasi ulang di tempat perlombaan
2.Setiap tim diberikan waktu maksimal selama 10 menit dan waktu minimal selama 5 menit
3.Pakaian yang digunakan adalah PDL atau baju olahraga sekolah
4.Waktu dimulai saat musik dinyalakan dan waktu diberhentikan jika musik berhenti.

C. Penilaian
1.Keserasian gerakan dengan musik
2.Kekompakan
3.Ketepatan semaphore
4.Variasi dan formasi
5.Kekreatifitas


PETUNJUK TEKNIS MATA LOMBA PENEGAK 
  • CECCEP PENEGAK

A. Ketentuan Umum
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota Pramuka Penegak SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Bogor.
2.Peserta adalah tim yang masing-masing terdiri dari 3 orang satuan gabungan.
3.Setiap sekolah hanya dapat mengirimkan satu tim..
4.Pemenang terdiri dari juara 1, 2, dan 3.
5.Materi perlombaan mencakup pengetahuan Pelajaran Sekolah, Umum, dan Kepramukaan.

B. Teknis Pelaksanaan
1.Peserta hadir 10 menit sebelum perlombaan dimulai dan memasuki ruangan yang telah disediakan panitia.
2.Jika peserta tidak hadir setelah diberi toleransi selama 5 menit akan dikenakan pengurangan point (5 point/menit)
3.Pakaian pramuka lengkap
4.Lomba terdiri dari 3 babak :
-Babak Penyisihan
Peserta akan melakukan tes tertulis yaitu mengisi 100 soal secara tim dalam waktu 1 jam.
Melalui babak ini akan diambil 9 tim dengan nilai tertinggi dan apabila terdapat jumlah score yang sama maka penitia akan mengambil point tambah dari kecepatan menjawab soal atau dengan soal tambahan.
-Babak Semi Final
Babak 1 : Terdiri dari 10 soal wajib.
Babak 2 : Terdiri dari 20 soal rebutan.
-Babak Final
Babak 1 : Terdiri dari 5 soal wajib
Babak 2 : Sesi Debat :
Sesi 1 : satu tema untuk semua
Sesi 2 : masing – masing peserta akan diberikan satu tema yang berbeda – beda
(semua tema yang didebatkan akan diberitahukan pada saat Technical Meeting)
Babak 3 : Terdiri dari 20 soal Rebutan (versi TTS)

C. Penilaian
*Ketepatan Menjawab
*Kecepatan Menjawab
(babak penyisihan)
*Keterampilan Menjawab di FINAL, meliputi :
1.Kesesuaian Jawaban
2.Penyampaian Pendapat
3.Pertahanan Argumen
4.Pelafalan Kata dan Bahasa

  • LOMBA JOGED KOMANDO
A. Ketentuan Umum
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota pramuka penegak SMA/SMK/MA se-kota dan kabupaten bogor
2.Peserta terdiri dari 10 orang satuan gabungan dengan komposisi minimal 3 orang putera/sebaliknya
3.Setiap pangkalan hanya dapat mengirim 1 tim
4.Pemenang terdiri dari juara 1,2 dan 3

B. Teknis Pelaksanaan
1.Peserta menggunakan PDL atau pakaian olahraga
2.Music dalam bentuk VCD (format mp3) dan Flashdisk untuk cadangan
3.VCD dikumpulkan saat registrasi ulang
4.Peserta diberi waktu maksimal 10 menit dan minimal 7 menit untuk penampilan.
5.Waktu dimulai pada saat music mulai dan waktu berakhir pada saat music berakhir
6.Peserta menggunakan aksesoris berupa kain bercorak batik
Contoh : - Ikat Kepala
- Samping
7.Ukuran lapangan 9m x 8m
8.Sebelum dan sesudah melakukan perlombaan komandan memberikan laporan menggunakan nomer peserta ke Juri Utama

C. Penilaian
1.Kekompakan
2.Keserasian lagu dengan gerakan
3.Power dan Semangat
4.Variasi dan Formasi
5.Kreatifitas

  • MARKETING SCOUT COMPETITION (MSC)
A. Ketentuan umum
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota pramuka penegak SMA/SMK/MA
2.Peserta terdiri dari 3 orang (1 orang putra & 2 orang putri atau sebaliknya)
3.Utusan tiap sekolah hanya dapat mengirimkan 1 tim
4.Pemenang terdiri dari juara 1,2 dan 3

B. Teknis Pelaksanaan
1.Peserta hadir 10 menit sebelum perlombaan dimulai dan memasuki tempat yang telah ditentukan
2.Jika peserta tidak hadir setelah diberi toleransi selama 5 menit maka tidak akan diberikan waktu tambahan
3.Pakaian pramuka lengkap

C. Petunjuk Teknis
1.Tema makanan “Kelapa”
2.Peserta diwajibkan membawa makanan serta peralatan masing-masing
3.Waktu yang digunakan untuk menghias ayau menata kapling adalah 10 menit dan 10 menit waktu untuk presentasi
4.Membawa min 2 jenis makanan dan minuman
5.Ukuran kapling 2m2

D. Penilaian
1.Kerapihan, Keindahan dan Kebersihan
2.Kekompakan
3.Presentasi produk :
• Cara mempromosikan
• Media yang digunakan
4.Cita Rasa makanan

  • DESAIN LOGO TUNAS VI

A. Ketentuan Umum
1.Perlombaan ini terbuka untuk anggota pramuka penegak SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Bogor
2.Peserta terdiri dari 1 orang putera dan 1 orang puteri
3.Utusan setiap sekolah hanya dapat mengirimkan 1 tim.
4.Pemenang terdiri dari juara 1,2 dan 3
5.Lomba ini bertemakan “Logo Tunas VI”

B. Petunjuk Pelaksanaan
1.Peserta wajib daftar ulang 20 menit sebelum lomba dimulai
2.Peserta hadir 10 menit sebelum perlombaan dimulai dan memasuki ruangan yang telah disediakan.
3.Durasi pelaksaan selama 2 jam.
4.Tidak diperbolehkan membawa bahan jadi.
5.Peserta wajib membawa peralatan yang diperlukan dan diinstruksikan oleh panitia.
6.Kertas gambar disediakan oleh panitia dengan ukuran A3.
7.Design Logo berbentuk 2 Dimensi dan peserta wajib mencantumkan arti dari Design Logo yang dibuat.

C. Penilaian
1.Kerapihan dan Kebersihan
2.Variasi gambar
3.Kecocokan gambar dengan tema
4.Keserasian warna dengan design
5.Arti (filosofi) dari design tersebut

keterangan lebih lanjut:
Hub: 08989861174 (Tiara)
        089638517668 (Sinthiya)